Home » Program Studi Teknik Mesin S1

Program Studi Teknik Mesin S1

Selamat datang di Prodi kami !

Guna mempersiapkan lulusan yang siap diterima di industri, saat ini Program Studi Teknik Mesin S1 telah menjalin kerjasama dengan PT. Dirgantara Indonesia yang menitikberatkan pada upaya materi kurikulum yang disesuaikan dengan dunia industri dengan cara pemetaan yang merujuk pada KKNI & SKKNI serta penggunaan fasilitas laboratorium sebagai tempat praktikum.

Menghadapi Revolusi Industri 4.0, bagaimana Program Studi Teknik Mesin S1 Widyatama mempersiapkan lulusan agar siap kerja sesuai kebutuhan Industri ?

Mengutip peryataan Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri Kurikulum dan sistem pendidikan terutama pendidikan tinggi di Indonesia sudah saatnya sesuai dengan kebutuhan kerja (link and match).

Menurut Sri Sunarjo Ketua APTI (Asosiasi Profesi Teknik Indonesia) “Lulusan teknik yang diserap menjadi insinyur dalam dunia kerja masih tergolong rendah, karena tidak banyak sarjana teknik yang mengantongi sertifikat keahlian dan tidak melanjutkan studinya hingga jenjang profesi,”

Guna mempersiapkan lulusan yang siap diterima di industri, saat ini Program Studi Teknik Mesin S1 telah menjalin kerjasama dengan PT. Dirgantara Indonesia yang menitikberatkan pada upaya materi kurikulum yang disesuaikan dengan dunia industri dengan cara pemetaan yang merujuk pada KKNI & SKKNI serta penggunaan fasilitas laboratorium sebagai tempat praktikum.

Universitas Widyatama hadir dengan Program Studi Teknik Mesin S1 dengan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan Industri.

Kerjasama dengan PT. Dirgantara Indonesia dalam hal apa ?

Dengan mengemas paket kurikulum yang merujuk KKNI, mahasiswa akan mengikuti perkuliahan selama 8 semester :

No Semester Kurikulum Keterangan
1 1-6 Perkuliahan tatap muka di Universitas Widyatama
2 7 Mengikuti mata kuliah praktikum secara real selama 4 bulan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) PT. Dirgantara Indonesia (Jl. Pajajaran No. 154 Andir, Bandung) Tidak dikenakan biaya tambahan
3 8 Pemagangan mahasiswa di tempat pelatihan dan pemagangan di bengkel-bengkel dukungan PT. Dirgantara Indonesia

 

Apa yang berbeda dari Program Studi Teknik Mesin S1 Widyatama dibanding Perguruan Tinggi lain ?

Keunikan / Keunggulan Program Studi

a. lulusan Teknik Mesin Widyatama dibekali berbagai sertifikasi :

  • Certificate Training Operator CNC Machine – G and M Function (pilihan) from PT. Dirgantara Indonesia
  • Certificate Training NC Programming (pilihan) from PT. Dirgantara Indonesia
  • Certificate Training Quality Inspection (pilihan) from PT. Dirgantara Indonesia
  • Certificate Systems Application Product (SAP) Fundamental
  • Certificate Systems Application Product (SAP) Business in eProcurement
  • Sertifikat Gambar Mesin **)
  • Sertifikat Teknik Pemotongan Logam **)
  • Sertifikat Gambar Desain **)
  • Sertifikat Metrologi Industri **)
  • Sertifikat NC Program **)
  • Sertifikat Quality System **)
  • Sertifikat CAD & CAM **)
  • Certificate PT. Dirgantara berlaku di berbagai industri pesawat terbang dunia (seperti, Amerika Serikat, Perancis, Spanyol, Inggris, Singapura, Indonesia)

b. Kurikulum di audit oleh Divisi Sumber Daya Manusia Directorate Aerostructure PT. Dirgantara Indonesia ?

c. Menjalin kerjasama dengan PT. Dirgantara Indonesia dalam hal pemutakhiran kurikulum dan penyediaan fasilitas praktikum yang real

d. Silabus / materi kuliah dan praktikum berdasarkan model Model Occupational Skills Standard (MOSS) yaitu model penyusunan standar kompetensi berdasarkan okupasi atau jabatan (SKKNI), implementasi dari matriks keahlian Job Description Qualification (JDQ) requirement PT. Dirgantara Indonesia

e. Praktikum inti Program Studi Teknik Elektro akan dilakukan terintegrasi dalam satu semester penuh pada semester VII (selama 7 bulan berada di Pusdiklat PT. Dirgantara Indonesia).

f. Tempat pelatihan dan pemagangan di Bengkel-bengkel dukungan PT. Dirgantara Indonesia

Bagaimana Prospek Karir lulusan?

Lulusan Teknik Mesin (S1) Universitas Widyatama, yaitu menjadi Ahli Pengoperasian mesin CNC, quality inspection, Ahli pemrograman CNC, Wirausaha operator mesin CNC, Akademisi Bidang Teknik Mesin & Peneliti Bidang Teknik Mesin